Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengubah Huruf Besar – Huruf Kecil di Microsoft Word

Salah satu kriteria tulisan yang baik adalah memperhatikan penggunaan huruf kecil dan huruf besar. Coba bayangkan jika suatu tulisan tidak mengindahkan penggunaan tesebut, tentu kurang enak dipandang dan dibaca. Bahkan bisa jadi menurunkan ‘nilai’nya, apalagi jika tulisan tersebut untuk dokumen resmi.

Dengan pengolah kata MS Word, sebenarnya kita lebih mudah mengontrol penggunaan huruf kecil dan huruf besar. Perangkat lunak ini sudah mengotomatisasi penggunaan huruf besar di awal kalimat (sentence case). Tetapi bagaimana bagi kata di tengah kalimat? Kita harus membuatnya secara manual, misalnya dengan menekan tombol shift atau caps lock.

Tetapi mungkin suatu waktu Kamu lupa menekan tombol shift atau caps lock. Lalu, apakah kata yang terlanjur diketik dihapus dulu lalu diketik versi besarnya. Kalau satu dua kata mungkin tak mengapa, bagaimana kalo terdiri dari beberapa kata. Cukup merepotkan ‘kan.

Sebenarnya ada cara mudah untuk mengubah-ubah besar kecilnya kata yang telah diketik. Berikut langkahnya.

  1. Anggap kamu mengetik kalimat ini: “kata ini seharusnya huruf besar”.
  2. Kamu ingin mengubah “kata ini” menjadi “Kata Ini”, maka blok kedua kata tersebut kemudian tekan shift+F3.
  3. Jika Kamu ingin mengubah lagi “Kata Ini” menjadi “KATA INI”, lakukan prosedur yang sama dengan langkah 2, yaitu blok dan tekan shift+F3.
  4. Coba ulang-ulang menekan shift+F3. Apa yang terjadi?

Mudah bukan?! Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengubah Huruf Besar – Huruf Kecil di Microsoft Word"