Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untung rugi listrik prabayar

Beberapa tahun belakangan, PLN gencar memperkenalkan listrik prabayar. Salah satu tujuannya adalah agar pemakaian listrik pelanggan lebih irit sehingga tidak terlalu membebani pembangkit milik PLN.

Perbedaan listrik prabayar dan pascabayar hampir sama dengan perbedaan dengan ponsel prabayar dengan telpon rumah. Jika pada listrik pascabayar kita pakai dulu baru kita bayar setiap bulan, maka pada listrik prabayar, kita beli voucher dulu, baru memakai listrik.

Dibandingkan dengan listrik pascabayar, listrik prabayar mempunyai keuntungan dan kerugian. Keuntungan listrik prabayar antara lain:
  1. Tidak ada biaya beban
  2. Tidak ada denda keterlambatan
  3. Kontrol pemakaian ada di tangan pelanggan, jika ingin bayar murah maka pemakaian sehemat mungkin.
  4. Cocok untuk rumah kontrakan atau kos-kosan, karena tidak akan ada lagi tunggakan yang mengakibatkan listrik dicabut.
  5. Tidak ada petugas pencatat meter yang mendatangi rumah, jadi privasi lebih terjaga.
  6. Tidak ada lagi kesalahan pencatatan atau ketidaksesuaian antara pemakaian dan pembayaran.
Sedangkan kerugian listrik prabayar adalah:
  1. Belum banyak yang menjual voucher isi ulang (token) terutama di desa-desa.
  2. Bila kurang waspada, maka pulsa listrik dapat habis tiba-tiba di waktu yang tidak diinginkan misalnya tengah malam. Untuk itu, sebaiknya persiapkan voucher (token) cadangan yang telah dibeli jauh-jauh hari.
Mengenai masalah mahal murahnya tarif listrik prabayar dibandingkan listrik pascabayar, sangat relatif. Jika pemakaian kwh sama ketika menggunakan meteran pascabayar dan dalam jumlah besar, banyak yang mengatakan listrik prabayar jatuhnya lebih mahal. Tapi kalau kita mampu menghemat, maka mungkin pembayaran bisa lebih irit.

Demikian, semoga bermanfaat ....