Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendowload File PDF

File PDF (Portabel Document Format) adalah jenis file yang nyaman untuk dibaca. Format tulisan dalam file ini lebih stabil; tidak berubah meskipun dibuka di komputer yang berbeda. Oleh karena itulah, kebanyakan dokumen yang beredar di dunia maya dalam bentuk PDF.

Membuka Dokumen PDF di Browser

Biasanya, saat kita mengklik link berisi dokumen PDF, maka browser akan membuka perangkat lunak pembaca PDF (PDF reader) yang terinstall di komputer, lalu menampilkan dokumen tersebut. Jika file PDF kecil atau koneksi cepat, tentu hal ini bukanlah masalah. Tetapi jika file PDF besar misalnya 1 Mb dan koneksi berjalan lambat, maka browser membutuhkan waktu lama untuk membukanya.

Mendownload Dokumen PDF

Sebenarnya ada cara untuk mengatasi hal tersebut, yaitu mendownload file PDF tersebut ke komputer Kamu. Caranya adalah dengan meng-klik kanan link yang berisi file PDF, lalu klik Save Linked Content As (Opera), Save Link As (Firefox, Google Chrome). Setelah itu akan muncul kotak dialog yang meminta Kamu menentukan di folder mana file PDF akan diletakkan, lalu klik Save. Tunggu beberapa saat sampai browser selesai mendownload file tersebut sebelum membukanya langsung dari komputer.


Posting Komentar untuk "Cara Mendowload File PDF"