Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memberi password file Microsoft Word 2007

Kadang-kadang kita harus membuat dokumen word yang isinya sensitif atau bersifat rahasia. Tentunya, kita tidak ingin orang lain melihat isi dokumen tersebut.

Nah, Microsoft Office telah menyediakan fitur yang dapat melindungi dokumen kita dari akses orang yang tidak berkepentingan. Fitur tersebut adalah password pembuka dokumen.

Cara mempassword dokumen Microsoft Office Word (2007) sangat mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka dokumen word kita, boleh yang sudah terisi atau yang masih kosong.
  2. Klik logo Microsoft Office 2007 di pojok kiri atas (berbentuk bulat)
  3. Klik Prepare
  4. Klik Encrypt Document; akan muncul kotak dialog, masukkan password yang Anda inginkan, kemudian klik OK.
  5. Akan muncul kotak dialog untuk memasukkan password sekali lagi. Fungsinya untuk memastikan password yang Anda masukkan sebelumnya tidak ada salah ketik. Kemudian klik OK.
  6. Jika dokumen yang ingin kita password adalah dokumen kosong, maka kita akan diminta untuk memberi nama file word kita.
  7. Klik Save.
  8. Tutup dokumen

Cara membuka file yang telah diberi password tidak berbeda dengan cara membuka file yang tidak terpassword. Cukup klik nama filenya di Explorer atau lewat fasilitas menu Open di Microsoft Word. Hanya saja, sebelum file terbuka akan muncul kotak dialog yang meminta kita memasukkan password yang pernah kita masukkan sebelumnya. Jika passwordnya tidak tepat, maka file tidak akan terbuka.

Demikian, semoga bermanfaat ...

Posting Komentar untuk "Memberi password file Microsoft Word 2007"