Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alan Turing, peringatan 100 tahun

Alan turing adalah seorang matematikawan inggris, pemecah kode saat perang dunia II dan perintis ilmu komputer.

Turing terlahir dengan nama Alan Mathison Turing pada 23 Juni 1912 dan meninggal pada 7 Juni 1954 di usia 41 tahun. Hari ini, 23 Juni 2012, Google turut merayakan hari kelahirannya yang ke-100 melalui penayangan gambar Doodle.
Turing belajar matematika di Universitas Cambridge, dan kemudian mengajar di sana. Bidang yang ditekuninya adalah mekanika kuantum. Di Cambridge dia mengembangkan bukti bahwa perhitungan otomatis tidak dapat menyelesaikan semua masalah matematika. Konsep ini dianggap sebagai dasar teori komputasi modern.

Pada tahun 1936, Turing hijrah ke Princeton University di Amerika, tetapi kembali lagi ke Inggris pada tahun 1938. Dia mulai bekerja secara rahasia untuk departemen kriptoanalisis Inggris.

Saat pecah perang ia bekerja penuh di Bletchley Park. Di sini ia memainkan peran penting dalam menguraikan pesan yang dienkripsi oleh mesin Enigma Jerman. Informasi yang diperolehnya sangat penting bagi Sekutu. Dia memimpin tim yang merancang sebuah mesin yang dikenal sebagai Bombe yang berhasil menerjemahkan pesan Jerman.

Setelah perang, Turing berubah pikirannya untuk pengembangan mesin yang secara logis akan memproses informasi. Pertama kali dia bekerja untuk National Physical Laboratory (1945-1948). Rencananya merancang komputer digital ditolak oleh rekan-rekannya.

Pada tahun 1949, ia pergi ke Manchester University di mana dia memimpin laboratorium komputasi dan mengembangkan dasar kecerdasan buatan.

Pada tahun 1952, Turing ditangkap dan diadili atas tuduhan homoseksualitas. Untuk menghindari penjara, ia menerima suntikan estrogen selama setahun, yang dimaksudkan untuk menetralkan libido. Pada masa itu, homoseksual dianggap pengganggu keamanan karena mereka terbuka untuk memeras. Izin keamanan Turing ditarik, berarti dia tidak bisa lagi bekerja untuk GCHQ, penerus pasca-perang untuk Bletchley Park.

Posting Komentar untuk "Alan Turing, peringatan 100 tahun"