Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Edit tulisan online

Kita terbiasa mengedit tulisan secara offline, artinya menggunakan software yang terinstall langsung di komputer atau laptop. Software tersebut misalnya Microsoft Office atau yang gratis seperti Open Office atau Libre Office.

Nah, selain ‘yang offline’, sebenarnya juga tersedia edit tulisan secara online. Layanan yang populer untuk jenis ini adalah Google Docs, dapat diakses di sini: docs.google.com.

Untuk menggunakannya sangat mudah, Anda tinggal login menggunakan akun Google yang telah Anda miliki, misalnya akun Gmail, atau produk Google lainnya.

Nah, setelah masuk ke halaman Google Docs, akan tampak tombol Create. Jika Anda menekan tombol ini, maka akan ada tawaran untuk membuat file dari jenis Word, Excel, Power Point, Gambar. Silakan pilih salah satu yang sesuai dengan jenis file yang akan Anda buat.

Selain fitur di atas, Google Docs juga menyediakan fitur Form, yaitu fitur pembuatan formulir online. Setelah selesai dibuat, formulir tersebut dapat disematkan di halaman web milik Anda manapun.

Nah, walaupun tidak selengkap software offline, tools Google Docs lumayan lengkap. Bisa menggunakan hotkeys, drag n drop, memasukkan gambar, dan lain-lain. Diantara semua itu, yang paling penting adalah fitur autosave. Fitur ini menjamin tulisan yang kita ketik tidak hilang, walaupun koneksi internet putus tiba-tiba.

Google Docs tersedia gratis untuk pengguna perorangan. Jika untuk kepentingan bisnis, harus membayar sebesar US $50.

Posting Komentar untuk "Edit tulisan online"