Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Raja Ampat, Obyek Wisata Bawah Laut yang Mempesona

Walaupun namanya agak kemelayu-melayuan, Raja Ampat tidaklah terletak di Sumatera atau di Kalimantan. Obyek wisata bawah laut yang terkenal ini terletak di kepala burung pulau Papua, tepatnya di Provinsi Papua Barat. Ibu kota Kabupaten Raja Ampat adalah Waisai.

Disebut Raja Ampat atau ‘Empat Raja’ karena dahulu memang di daerah ini terdapat empat kerajaan, yaitu kerajaan Waigeo, dengan pusat kekuasaannya di Wewayai, pulau Waigeo; kerajaan Salawati, dengan pusat kekuasaan di Samate, pulau Salawati Utara; kerajaan Sailolof dengan pusat kekuasaan di Sailolof, pulau Salawati Selatan, dan kerajaan Misol, dengan pusat kekuasaan di Lilinta, pulau Misol.

Kabupaten Raja Ampat memiliki 610 pulau. Empat di antaranya, yakni Pulau Misool,Salawati, Batanta dan Waigeo, merupakan pulau-pulau besar. Dari seluruh pulau hanya 35 pulau yang berpenghuni sedangkan pulau lainnya tidak berpenghuni dan sebagian besar belum memiliki nama.

Sebagai daerah kepulauan, satu-satunya transportasi antar pulau dan penunjang kegiatan masyarakat Raja Ampat adalah angkutan laut. Demikian juga untuk menjangkau Waisai, ibu kota kabupaten. Bila menggunakan pesawat udara, lebih dulu menuju Kota Sorong. Setelah itu, dari Sorong perjalanan ke Waisai dilanjutkan dengan transportasi laut. Sarana yang tersedia adalah kapal cepat berkapasitas 10, 15 atau 30 orang. Dengan biaya sekitar Rp. 2 juta, Waisai dapat dijangkau dalam waktu 1,5 hingga 2 jam.

Kabupaten Raja Ampat sangat luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Di sini dijumpai 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Hal ini menjadikan Raja Ampat sebagai daerah dengan koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia yang ditemukan di pulau ini.

Wisata bawah laut di Raja Ampat sangat mempesona. Bahkan, merupakan salah satu obyek wisata menyelam yang terindah di dunia. Oleh karena itu, Raja Ampat menjadi tujuan wisata populer untuk wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Posting Komentar untuk "Raja Ampat, Obyek Wisata Bawah Laut yang Mempesona"