Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT HOSTING GRATIS

Di zaman yang serba matre ini apa benar ada hosting yang gratis?

Pertanyaan itu juga saya tanyakan dulu. Tapi setelah saya coba sendiri, ternyata memang ada cara membuat hosting gratis.

Langkah pertama adalah mengunjungi penyedia webhosting gratis yaitu id.000webhost.com.
Tenang saja kangkawan, sudah Bahasa Indonesia koq.

Lalu klik DAFTAR GRATIS. Seterusnya ikuti saja langkah-langkah berikutnya.

Untuk bisa menggunakan webhosting gratis setelah mendaftar, maka kangkawan harus memverifikasi alamat email yang sudah dimasukkan. Caranya seperti biasa, buka email dari 000webhost lalu klik taut verifikasi yang diberikan.

Jika verifikasi berhasil, maka kangkawan akan landing di control panel. Silakan unggah file-file yang ingin dihosting.

Sayangnya, 000webhost tidak menggratiskan nama domain full, hanya subdomain saja. Tapi untuk tahap awal itu sudah lebih dari cukup.

Tapi kalo kangkawan hanya ingin ngeblog biasa tanpa ingin ribet, bisa pakai platform blogger.com atau wordpress.com. Dari pengalaman, keduanya cukup simpel. Hanya saja dari segi nama domain, keduanya juga hanya memberikan subdomain, bukan domain full. Memang kayaknya ga ada yang berani menggratiskan domain full.

Nah, khusus untuk blogger.com, kita boleh menggunakan platform mereka dikombinasi dengan domain full yang kita beli yang biasanya harganya ga nyampe 150 rb (.com,.net, dll). Nama fasilitasnya Custom Domain.

Untuk membeli domain full sudah ada koq yang lokal. Jangan khawatir, meskipun lokal tapi sudah teregistrasi internasional (ICANN). Senangnya makai yang lokalan karena bayarnya ga pake kartu kredit, paypal, atau bitcoin ;), cukup pakai transfer dari Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan sebagainya.

Bagi yang minat, silakan chat-chatan dengan CS nya. Kotal Chatnya sebelah kanan bawah ya, kalau buka pake laptop.

Ini tautnya: IDwebhost

Kalau sudah beli dan kangkawan ingin menyandingkannya dengan blogger.com, bisa minta bantuan CS nya. Ramah-ramah koq jadi jangan khawatir dijudesin.

Ok kangkawan, semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT HOSTING GRATIS"