Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jualan Lewat Facebook, Mengapa Tidak?

Penulis : ich@l (http://GakGaptek.Com)

Facebook adalah fenomena. Anggotanya sudah lebih dari setengah milyar dan tersebar hampir di semua negara. Trafiknya pada tahun 2010 lalu telah melampaui Google yang beberapa tahun sebelumnya bertengger di puncak ‘klasemen’.

Tidak hanya di tingkat dunia, facebook pun mengalami booming di tingkat lokal. Lebih dari 20 juta penduduk Indonesia menggunakan facebook. Jumlah yang cukup fantastis.

Kebanyakan orang menggunakan facebook sebagai sarana interaksi sosial. Di facebook, orang dapat saling menyapa, mendapat teman baru, bersua kembali dengan teman lama, berdiskusi, dan lain-lain. Tetapi bagi seorang pemasar, facebook bukan hanya semata-mata jejaring sosial, tetapi dapat berubah menjadi tool dahsyat untuk memasarkan barang atau jasa.

Bagaimana memanfaatkan tool dahsyat tersebut untuk memasarkan produk? Banyak cara yang dapat dilakukan, antara lain adalah:
  1. Mempromosikan barang atau jasa lewat update status atau kirim pesan. Selain itu, belakangan marak promosi dengan mentag gambar (walaupun orang yang ditag tidak ada dalam gambar). Cara terakhir ini tidak disarankan karena dapat mengganggu kenyamanan orang lain.
  2. Mempublikasikan barang atau jasa pada profil facebook. Di sini juga dapat dicantumkan alamat website dimana informasi barang atau jasa dipajang.
  3. Membuat fan page; fitur ini cukup dinamis dan sangat baik jika digunakan untuk membangun brand awareness.
  4. Membuat grup atau bergabung dengan grup yang sudah ada. Sebaiknya grup tersebut sesuai dengan target pasar dari barang atau jasa yang akan dijual.
  5. Mendaftarkan barang atau jasa yang akan dijual di Aplikasi Pasar (Market Place).
  6. Jika punya dana untuk promosi, tidak ada salahnya untuk memajang produk di Facebook Ads.
Ada saran lain?

Posting Komentar untuk "Jualan Lewat Facebook, Mengapa Tidak?"