Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan/Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.Com)

Penulis : ich@l (http://GakGaptek.Com)

Blogspot (Blogger.Com) adalah salah satu penyedia blog gratisan yang cukup banyak penggunanya. Mungkin karena blogspot memiliki segudang fitur keren, bebas iklan, juga instalasi dan maintenance-nya relatif mudah, bahkan bagi orang yang baru mulai ngeblog sekalipun.

Selain itu, blogspot juga sudah diakuisisi dan saat ini berada di bawah payung Google.Com. Jadi kita tidak perlu terlalu khawatir dengan bandwidth, backup data, keamanan data, dll. Keuntungan lain adalah, jika kita sudah mempunyai akun di Google.Com, misalnya akun Gmail, maka akun tersebut dapat langsung digunakan untuk membuat blog tanpa harus membuat akun baru. Praktis bukan?!

Alamat blog yang kita dapatkan dari blogspot berupa subdomain; contohnya: nama-anda.blogspot.com, lalilu.blogspot.com, hehehe.blogspot.com, dll. Nama subdomain ini sudah lebih dari cukup. Tetapi jika Anda tidak puas dan ‘ngotot’ ingin memakai nama domain sendiri, maka blogger memfasilitasi keinginan tersebut melalui fitur custom domain. Dengan fitur ini, yang berubah hanya domainnya saja misalnya: www.namasaya.com, sedangkan postingan, template, dll tidak akan berubah, tetap menggunakan miliknya blogger.com

Berikut langkah-langkah pembuatan blog di blogspot:

(1)
Kunjungi situs http://www.blogger.com; maka akan tampak gambar seperti dibawah. Jika Anda sudah memiliki akun di Google.Com (biasanya akun Gmail), langsung masukkan saja (A); tetapi jika belum ada maka buat akun baru dengan mengklik Get Started (B).

===
(2) Pembuatan blog dimulai. Isilah kolom Nama Anda dan Nama Tampilan; jangan lupa memberi tanda centang pada Penerimaan Persyaratan. Lalu klik tombol LANJUTKAN.
===
(3) Ini adalah halaman berikutnya. Anda tinggal mengklik tombol CIPTAKAN BLOG ANDA.

===

(4) Silakan isi Judul Blog dan Alamat blog (URL) yang anda inginkan. Kami sarankan untuk mengklik link Cek Ketersediaan untuk memeriksa apakah alamat blog yang Anda pilih masih tersedia atau sudah diambil orang lain. Jika semua beres, klik tombol LANJUTKAN.

===

(5) Anda dibawa ke halaman pilih template awal. Silakan pilih salah satu, jangan khawatir, Anda dapat mengubahnya nanti jika tidak puas dengan template yang terlanjur Anda pilih. Kemudian tekan tombol LANJUTKAN.

===

(6) Akan muncul halaman konfirmasi yang mengatakan bahwa Blog Anda sudah jadi! Klik tombol MULAI BLOGGING.

===

(7) Selamat! Anda sudah bisa memposting tulisan di blog baru Anda.

Demikian, semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Panduan/Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.Com)"