Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Artikel Berdasarkan Jenis File di Google

Google termasuk salah satu mesin pencari handal. Situs ini memiliki milyaran informasi situs yang ada di segenap penjuru bumi. Selain itu, Google dapat menyajikan hasil pencarian yang cukup akurat dalam hitungan detik.

Karena begitu banyaknya artikel yang terindeks dengan kualitas beragam, maka ketika melakukan pencarian, ada kemungkinan kita mengalami ‘badai artikel’. Akibatnya, hasil pencarian begitu banyak tapi artikel yang kita maksud tak kunjung dapat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Google sudah menyediakan berbagai macam trik pencarian. Salah satunya adalah mencari artikel berdasarkan file. Jadi, kita dapat mengkhususkan pencarian hanya untuk file PDF, dokumen (doc, docx), power point (ppt, pptx), excel (xls, xlsx), kompresi (zip, rar, tar.gz), aplikasi (exe, deb, rpm), dan lain-lain.

Cara untuk mencari artikel berdasarkan jenisnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci diikuti kata filetype:tipe_file. Contohnya:

- Demam berdarah filetype:doc

- Exaile filetype:deb

- Budidaya Karet filetype:PDF

Demikian, semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Mencari Artikel Berdasarkan Jenis File di Google"

  1. Hei...salam kenal. Mau tanya, mungkin OOT, tapi saya lihat blog ini sudah pake domain .com. Bisa bagi info host atau beli domain dimana? Murah kaga?

    BalasHapus
  2. GakGaptek.Com14:05

    Beli domain di idwebhost.com; harga silakan cek ke TKP.

    BalasHapus